SOFTWARE

Software Komputer adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan koleksi program, prosedur and dokumentasi komputer yang melakukan beberapa tugas pada sebuah sistem komputer. Istilah ini mencakup application software seperti word processors yang mengerjakan tugas-tugas produktif pengguna, sistem software seperti operating systems yang menghubungkan hardware agar dapat menjalankan software application, andmiddleware yang mengontrol dan mengkoordinasikan sistems distribusi.

A. Tipe

Secara praktis, sistem computer membagi software menjadi tiga kelas utama yaitu:

1. System software

Membantu agar hardware dan sistem komputer dapat bekerja yang termasuk dalam kelas ini adalah operating systems, device drivers, diagnostic tools, servers, windowing syistems, utilities dan sebagainnya. Tugas system software adalah untuk membungkus pemrogram aplikasi sebanyak mungkin dari kekompleksan komputer yang digunakan secara detail, terutama memory dan feature hardware lainnya serta alat-alat asesoris lainnya seperti printer, readers, display, keyboard, alat-alat komunikasi dan sebagainya.

2. Programming software

Menyediakan peralatan untuk membantu seorang programer dalam menulis program dan software komputer menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda dengan cara yang lebih cocok menurut pemrogram. Peralatan ini mencakup text editors, compilers, interpreters, linkers, debuggers, dan sebagainya. Sebuah Integrated development environment (IDE) menyatukan peralatan tersebut kedalam seperangkat software dan programmer tidak perlu mengetik perintah berulang kali untuk proses compiling, interpreting, debugging, tracing, dan sebagainya, karena IDE biasanya memiliki graphical user interface, or GUI.

3. Application software

Mengijinkan pengguna untuk menyelesaikan satu atau lebih tugas-tugas khusus (tidak berkaitan dengan komputer). Software seperti ini meliputi industrial automation, business software, educational software, medical software, databases, and komputer games. Sebuah program tidak akan dapat bekerja dengan lengkap hanya dengan satu buah program saja. Dia membutuhkan software tambahan dari kumpulan software yang ada agar menjadi lengkap. Kumpulan ini termasuk software components yang digunakan oleh program yang berdiri sendiri, tetapi masingmasing tidak dapat bekerja sendiri.

MOBILE APPS

Mobile Apps atau Aplikasi Mobile adalah aplikasi yang dibuat untuk smartphone dan dapat di instal dan dioperasikan di smartphone atau tablet diberbagai platform diantaranya adalah iOS, Android, Windows Phone dan Blackberry. Mobile Apps juga sebagai salah satu media / wahana tempat bertemunya pelanggan dengan produk/jasa, dan ruang bagi pemasar produk/jasa untuk memanjakan serta memuaskan para pelanggan.

Perkembangan Teknologi Informasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Teknologi Informasi terbukti telah mampu mengintegrasikan setiap detail infomasi yang sebelumnya dianggap mustahil tercapai, seperti kecepatan informasi, efisiensi dan efektivitas. Dewasa ini teknologi informasi banyak diaplikasikan melalui Mobile Apps untuk penjualan produk secara online dimana apps tersebut dapat didownload di seluruh penjuru dunia Melalui Google Play (Android), App Store (iOS), Blackberry World (Blackberry) & Windows Store (Windows Phone).

Pada era Smartphone saat ini setiap orang selalu membawa devicenya kemana saja dan cepatnya perkembangan teknologi ini telah melahirkan Mobile Addict atau pecandu smartphone yang tercatat sebanyak lebih dari 60 kali dalam sehari mereka membuka smartphone. Oleh sebab itu, Mobile Apps penting bagi para bisnis online yang fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis itu sendiri. Sehingga dapat meningkatkan penjualan secara otomatis. Dan konsumen dapat dengan mudah mengakses setiap produk yang dibutuhkan secara cepat, efisien dan tentu saja aman.

WEB DESIGN

Desain web adalah sekumpulan keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam membangun dan memelihara sebuah website. Disiplin ilmu dan keterampilan dalam bidang desain web meliputi 5 hal yaitu :

1. Desain grafis

Desain grafis ini berhubungan dengan bagaimana visualisasi grafis yang akan ditanamkan dalam sebuah website yang tentunya mencakup tentang penggunaan kombinasi warna, jenis tulisan, gambar yang digunakan sampai dengan kesesuaian dengan konsep yang akan dibuat.

2. Desain tatap muka/interface

Desain web juga tidak terlepas bagaimana sebuah website bisa berinteraksi dengan pengunjung melalui rancangan tatap muka yang terstruktur agar informasi yang disampaikan sesuai dengan harapan

3. Penyusunan konten

Tentunya selain visualisasi grafis dan tatap muka yang baik, konten yang dipublikasikan juga harus berkualitas dengan cara penentuan topik yang sesuai serta cara penyusunan yang baik.

4. Penulisan kode

Ini berhubungan dengan bagaimana sistem penyajian informasi bisa bekerja stabil dan maksimal, tanpa ada gangguan dan dapat digunakan pada kondisi yang dinamis. Kondisi dinamis disini mengarah kepada keragaman jenis pengunjung dan teknologi maupun perangkat yang digunakan.

5. Optimalisai mesin pencari atau yang sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimization)

Agar informasi yang disampaikan bisa menyebar seluas-luasnya serta mengundang banyak pengunjung tentunya penggunaan teknik SEO yang baik sangat diperlukan.